merawat ac ruangan

Beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar AC ruangan rumah Anda menjadi awet

Di daerah tropis seperti Indonesia AC (Air Conditioner) atau pendingin ruangan kini menjadi kebutuhan utama dalam sebuah hunian. Bukan tidak mungkin dalam satu rumah sebuah AC ruangan dinyalakan sepanjang hari demi menambah kesejukan .

Namun seperti halnya barang-barang pada umumnya, semakin banyak digunakan nilai keawetannya pun akan menurun dan berakhir rusak.

Fakta di lapangan menunjukkan , AC ruangan mulai mengalami kendala setelah jangka waktu penggunaan 2-4 tahun. akan tetapi, jika Anda mampu merawat dan menggunakannya dengan benar, sebuah AC ruangan dapat bertahan hingga 10 tahun lebih. Silahkan ikuti beberapa tips berikut untuk membuat AC ruangan di rumah Anda menjadi awet.

 

1. Gunakan Fitur Timer

Anda dapat menggunakan fitur timer saat menyalakan AC ruangan sehingga secara otomatis AC ruangan akan mati tepat pada waktunya. Aturlah timer sesuai dengan kebutuhan Anda. Fitur timer juga menjaga mesin AC tidak cepat rusak.

Sebaiknya setiap kali pemakaian AC ruangan, AC ruangan dinyalakan maksimal selama 5 jam.

Jangan terlalu sering mengatur suhu AC ruangan Anda di bawah 22 derajat celcius. Hal ini mengakibatkan mesin AC ruangan Anda cepat panas. perlu Anda ketahui tingkat kelembaban udara pada suhu 22 derajat merupakan suhu ruangan yang sesuai iklim Indonesia

 

2. Bersihkan Filter AC

Sebaiknya Anda membersihkan filter AC ruangan di rumah Anda secara rutin minimal 1-2 bulan sekali. Hal ini dilakukan dilakukan untuk menjaga keawetan filter, karena jika sudah terlampau kotor Anda harus mengganti filter baru.

Debu-debu yang menumpuk pada filter dapat menghalangi aliran udara yang dapat menyebabkan fungsi AC terganggu. Hal ini yang akan menjadi salah satu penyebab AC cepat rusak.

 

3. Bersihkan Kumparan AC

Kumparan AC ruangan juga perlu diperhatikan kebersihannya karena selain pada filter AC ruangan, debu juga kerap menumpuk pada bagian ini.

kemampuannya kumparan AC ruangan dalam menyerap panas dapat berkurang akibat banyaknya debu yang menumpuk. Ada baiknya Anda memeriksa dan membersihkan kumparan AC ruangan secara rutin setiap tahun. Perlu diperhatikan debu yang menumpuk pada kumparan AC dapat menyebabkan AC kelebihan beban dan menimbulkan korslet.

 

4. Periksa Thermostat (Pengatur Suhu)

Penting untuk selalu memeriksa thermostat (pengatur suhu) untuk memastikan AC ruangan dapat bekerja dengan baik dan menjaga temperatur ruangan tetap stabil.

Silahkan atur thermostat dengan temperatur yang lebih tinggi ketika rumah sedang tidak banyak orang/kegiatan. Matikan jika tidak terpakai.

 

5. Cek Kipas Kondensor

Periksalah kipas yang terpasang di atas unit kondensator bagian luar.  Selalu pastikan kipas masih dalam kondisi yang bagus, lakukan tindakan penggantian pisau kipas jika terdapat retak atau pecahan.

 

6. Servis Secara Berkala

Hal terakhir yang Anda tidak boleh lupa adalah melakukan servis secara berkala. Anda bisa menggunakan jasa layanan perbaikan AC untuk memeriksa kelayakan AC ruangan Anda.

pada umumnya produsen AC ruangan juga menyediakan layanan servis untuk membantu memperbaiki kerusakan-kerusakan kecil, dan mencegah kerusakan besar pada AC ruangan.

dengan merawat AC ruangan Anda secara teratur tidak hanya berfungsi untuk menghemat uang Anda, tetapi juga membuat rumah Anda tetap nyaman.

 

Lihat juga : Ini tanda-tanda AC rumah Anda perlu diservis  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *