macam-macam freon

Beberapa jenis freon AC yang perlu Anda ketahui

Kebanyakan masayarakat umum memahami bahwa tiap jenis AC memiliki jenis freon yang sama. Namun sebenarnya  dari beberapa jenis AC ruangan yang ada bisa jadi memiliki jenis freon yang berbeda. Untuk membantu menambah informasi Anda mengenai varian freon AC yang kerap ditemukan di lapangan,   berikut ini kami sajikan beberapa jenis freon AC yang lazim ditemukan dan sering digunakan untuk mengisi sistem pendingin pada AC ruangan

 

1. Freon R22

source: indotrading.com

Meskipun freon jenis ini tidak mudah terbakar, jenis freon ini memiliki potensi pemanasan perusakan ozon senilai 0.05 lebih besar jika dibandingkan dengan jenis-jenis freon lainnya yang hanya bernilai 0.

sejak tahun 2015 lalu, berdasarkan peraturan pemerintah melalui Departemen Perindustrian dan Perdagangan nomor (41/M-IND/PER/5/2014), (40/M-DAG/PER/7/2014) dan (55/M-DAG/PER/9/2014) menyatakan bahwa, freon dengan jenis R22 ini dihapus dan tidak diizinkan untuk digunakan lagi. Oleh karena itu, semua pabrikan AC di Indonesia dilarang untuk memproduksi, mengimpor atau bahkan menjual produk AC yang masih menggunakan jenis freon R22 ini.

 

2. Freon R410A

source: beres.id

Jenis freon R410A ini biasanya digunakan di tipe AC inverter. freon jenis ini tidak memiliki potensi perusakan ozon. namun untuk potensi pemanasan global, jika dibandingkan dengan jenis R22 freon jenis ini memiliki nilai yang lebih tinggi . freon jenis R410A ini juga tidak mudah terbakar.

 

3. Freon R32

source: hargakulkas.web.id

Jenis freon R32 ini ditemukan oleh Daikin Jepang pada tahun 2012 dan mulai digunakan di line up AC mulai tahun 2013. pada Jenis freon yang satu ini lebih ramah lingkungan jika dibandingkan dengan freon jenis R410A dan memiliki potensi pemanasan global yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan jenis R22 dan R410A. meskipun memiliki potensi yang mudah terbakar, freon jenis ini masih aman untuk digunakan untuk AC rumah tangga.

 

4. Freon R290

Jenis freon R290 ini memiliki potensi pemanasan global yang paling rendah jika dibandingkan dengan beberapa jenis freon lainnya. namun disebabkan angka index dinginnya yang cukup rendah dan tingkat mudah terbakarnya yang cukup tinggi, banyak perusahaan AC yang memutuskan untuk tidak menggunakan freon AC jenis R290 ini.

 

Lihat juga : Beberapa hal yang dapat Anda lakukan agar AC ruangan rumah Anda menjadi awet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *