Peralatan yang lazim digunakan dalam service pendingin

Berikut ini adalah peralatan service pendingin yang lazim digunakan di oleh teknisi pendingin dalam mempermudah pekerjaannya :

 

1. Manifold Gauge

Manifold gauge adalah salah satu alat yang digunakan untuk memperbaiki dan mengukur tekanan pada refrigerant atau rreon di dalam sebuah sistem pendingin Air Conditioner (AC). Alat ini juga berfungsi untuk mengukur tekanan pada kulkas maupun freezer. Seperti yang dapat kita lihat pada gambar,pada alat manifold gauge memiliki dua macam jenis yang diantaranya adalah manifold gauge dua laluan dan manifold gauge empat laluan. Namun pada dasarnya manifold gauge hanya terdiri dari dua sisi, yaitu sisi yang bertekanan rendah serta sisi yang bertekanan tinggi. Masing-masing dari alat ini dihubungkan dengan sisi isap dan keluaran dari kompresor melewati selang penghubung atau yang bisa disebut dengan hose.

 

2. Dental Mirror (cermin) dan Magnet set

dental mirror atau cermin kaca yang sering digunakan oleh dokter gigi untuk mengecek lubang-lubang pada gigi maupun untuk memeriksa hasil pengerjaan oleh dokter gigi seperti penambalan, pembersihan karang gigi, dll. Alat ini berfungsi untuk memeriksa hasil pengelasan pipa atau mencari kebocoran pada tempat yang sukar atau sangat sulit untuk dilihat dan dijangkau. kini sudah banyak produsen dental miror yang memberikan fitur baru produk terbarunya berupa lampu pada gagang atau pegangan dental mirror. Lampu tersebut berupa lampu batu baterai atau lampu charger,jadi sekarang para teknisi AC bisa memeriksa atau megecek tempat-tempat yang gelap atau kekurangan cahaya dengan titik lihat yang lebih baik.

 

3. Leak detector

Alat ini berfungsi untuk mengecek jika ada kebocoran pada sebuah system refrigerator atau AC. Jika ternyata benar telah terjadi kebocoran di dalam sistem pendingin Air Conditioner (AC) atau pun kulkas, maka langkah yang diambil oleh adalah bagian kebocoran akan diisi refrigerant, namun terlebih dahulu diisi dengan gas nitrogen yang bertekanan, lalu pada bagian-bagain yang dikira-kira terdapat kebocoran maka akan dioleskan air sabun untuk mengetahuinya.

 

4. Thermometer

Thermometer berfungsi sebagai pengukur suhu. Sistem kerja dari thermometer ini berdasarkan dari efek pemuaian dan penyusutan oleh air raksa, pada thermometer manual. Sedangkan pada thermometer digital menggunakan sebuah sensor panas yang hasilnya ditampilkan dalam digit angka. Dalam pembacaan thermometer sering digunakan 2 macam jenis skala, yaitu skala Celsius dan skala Fahrenheit.

 

5. Peralatan Cuci AC

Minimal terdapat 3 macam peralatan yang mesti ada, yaitu:

1. Jet Pump atau mesin steam bertekanan tinggi yang berfungsinya untuk mencuci unit AC indoor (bagian evaporator) dan outdoor atau (bagian kondensor).
2. Plastik steam Air Conditioner. kegunaan plastik ini untuk melindungi atau mengalirkan bekas air cucian unit AC (Air Conditioner) yang kotor setelah terkena berbagai macam kotoran atau debu.
3. Ember atau bak air. Digunakan untuk menampung air bekas pencucian AC ketika sedang membersihkan komponen AC yang perlu dibersihkan.

 

Lihat juga : Komponen utama AC split beserta fungsinya

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *